BERITA

Rumah Isolasi RS UNS Dibuka Januari 2021, Khusus untuk 100 Warga Sukoharjo

21 Desember 2020

Rumah Isolasi RS UNS Dibuka Januari 2021, Khusus untuk 100 Warga Sukoharjo

Rumah isolasi di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret atau RS UNS di Kartasura, Sukoharjo, bisa digunakan mulai Januari 2020.

Rumah isolasi itu dilengkapi 100 tempat tidur dan disiapkan khusus bagi warga Sukoharjo yang membutuhkan tempat isolasi mandiri.

Juru bicara (jubir) Satgas Penanganan Covid-19 RS UNS dr Tonang Dwi Adryanto mengatakan rumah isolasi tersebut khusus untuk warga Sukoharjo.
“Nanti Januari sudah bisa dipakai. Jadi karena kasus di Sukoharjo meningkat sehingga Pemkab Sukoharjo meminta fasilitas rumah isolasi di RS UNS,” ujar Tonang di Hotel Alana, Solo, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, fasilitas tersebut berada di lingkungan RS UNS, namun terpisah dari ruang pelayanan lainnya. “Jadi gedung isolasi ini sebenarnya gedung untuk pendidikan. Tapi karena ada permintaan untuk rumah isolasi, pendidikan kami pindah ke tempat lain dan gedungnya dipakai untuk isolasi itu,” imbuhnya.

Tempat Isolasi Mandiri

Tonang menambahkan rumah isolasi RS UNS berkapasitas 100 tempat tidur. Layanan ini khusus disediakan bagi warga Sukoharjo yang membutuhkan tempat isolasi mandiri dan di rumahnya tidak memungkinkan.

“Misalnya bagi orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetapi gejalanya ringan, atau bagi orang yang terkonfirmasi tanpa gejala [KTG] yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah, mereka bisa pakai gedung ini,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Satgas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo menyiapkan rumah isolasi di rumah sakit tersebut. Rumah isolasi tersebut akan menampung pasien terpapar Covid-19 yang menjalani rawat inap dengan kondisi stabil.
Sementara rumah sakit rujukan akan konsentrasi merawat pasien dengan penyakit komorbid dan membutuhkan penanganan intensif. Kondisi ini dilakukan menyusul ketersedian ruang isolasi positif Covid-19 di RS yang semakin kritis.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Minggu (6/12/2020), mengatakan kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo sebagian besar penuh.

Lantaran itu, diperlukan penambahan ruang isolasi terutama bagi pasien yang kondisinya sudah dinyatakan stabil. Inilah yang menjadi alasan dibukanya rumah isolasi RS UNS.

 

sumber : https://www.solopos.com/rumah-isolasi-rs-uns-dibuka-januari-2021-khusus-untuk-100-warga-sukoharjo-1098279

Share :