BERITA

TP PKK Kampanye Gerakan Makan Ikan, Dorong Angka Konsumsi Ikan Sukoharjo

5 September 2019

TP PKK Kampanye Gerakan Makan Ikan, Dorong Angka Konsumsi Ikan Sukoharjo

TP PKK Sukoharjo terus berupaya untuk mendonkrak angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo. Untuk itu, TP PKK menggelar kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D), Rabu (4/9). Mengonsumsi makan ikan berperan penting dalam gerakan peningkatan gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Ketua TP PKK Sukoharjo yang juga Ketua Tim Peningkatan Makan Ikan (Forikan) Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan, selama ini upaya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan terus dilakukan di Sukoharjo melalui sejumlah kegiatan. “Gerakan Peningkatan Gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan dapat mengurangi permasalahan balita stunting (gagal tumbuh) dan kurang gizi. Kampanye ini dilakukan untuk memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan,” jelasnya.

Etik juga mengatakan, manfaat dari makan ikan sangat luar biasa, karena dari makan ikan bisa mengurangi dampak yang sekarang sedang marak, yakni kasus stunting, kurang gizi, juga kasus lain dan termasuk juga penyakit regeneratif. Untuk itu, peran ibu-ibu dalam menentukan menu makanan di rumah turut menentukan suksesnya gemarikan.

“Karena strategisnya peran tersebut, maka saya minta kepada ibu-ibu PKK untuk menularkan kampanye ini kepada lingkungan sekitar, hingga tingkat dasawisma supaya benar-benar bisa dilaksanakan di tingkat keluarga,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Bidang Usaha dan Pengembangan Komoditas, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Sri Astuti mengatakan, kampanye Gemarikan sengaja melibatkan ibu-ibu PKK karena peran mereka sangat strategis. Acara tersebut diakhiri dengan demo masak olahan ikan menu keluarga.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/tp-pkk-kampanye-gerakan-makan-ikan-dorong-angka-konsumsi-ikan-sukoharjo/

Share :