BERITA

Tilang Elektronik Diterapkan Tahun Depan di Sukoharjo

4 November 2021

Tilang Elektronik Diterapkan Tahun Depan di Sukoharjo

Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Kabupaten Sukoharjo akan mulai diterapkan pada tahun 2022. Rencananya akan ada 10 titik yang menjadi lokasi pemasangan ETLE di Sukoharjo.

Dari informasi yang dihimpun, Kamis (4/11/2021), Tim Korlantas Polri dan Satlantas Polres Sukoharjo sudah menyurvei beberapa lokasi untuk pemasangan kamera CCTV guna mendukung penerapan ETLE pada Rabu (3/11/2021).

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramodha Wardana, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan pihaknya masih merancang pemasangan ETLE di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Ditargetkan sistem tilang online mulai diterapkan oleh Satlantas Polres Sukoharjo pada 2022 mendatang.

“Sejauh ini kami masih merancang pemasangan ETLE. Pemasangan perangkat tilang elektronik saat ini masih terus kami matangkan sebelum akan diterapkan atau diluncurkan nanti,” jelas dia.

Kasatlantas menambahkan, sistem ETLE memudahkan pemantauan pelanggaran lalu lintas di sejumlah lokasi. Sistem tersebut akan berjalan selama 24 jam dan merekam semua pelanggaran lalu lintas. Pelanggar lalu lintas akan direkam plat nomornya dan alamat pelanggar akan diketahui. Selanjutnya, pelanggan lalu lintas akan dikirimi surat tilang melalui pos.

“Kami imbau masyarakat tidak lagi melanggar lalu lintas. Soalnya nanti plat nomornya akan terekam dan tilang akan diberikan kepada pemilik alamat yang terdaftar di plat nomor itu. Apabila pemilik motor namanya tidak sesuai STNK, maka yang mendapat tilang tetap pemilik kendaraan sesuai nama di STNK tersebut,” imbuh dia.

Kasatlantas mengimbau warga agar segera mengganti nama yang terdaftar di STNK ketika menjual atau membeli kendaraan bekas. Dengan begitu, pemilik kendaraan lama tidak terbebani tilang akibat pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pemilik kendaraan baru.

“Imbauan ini untuk kebaikan masyarakat. Kasihan kalau yang melanggar lalu lintas orang lain, tapi pemilik motor lama yang menjadi korban tilang karena belum balik nama kendaraan setelah dijual ke orang lain,” ucap dia.

Kasatlantas berharap kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi lalu lintas meningkat. Harapannya, angka kecelakaan dapat turun serta keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas tercipta.

 

LOKASI PEMASANGAN CCTV ETLE

Kamera sirkuit tertutup (CCTV) untuk memantau pergerakan lalu lintas dalam rangka penerapan Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE Kabupaten Sukoharjo dipasang di 10 lokasi.

Pemantauan lalu lintas dan penerapan tilang secara elektronik ini akan berlaku mulai 2022 mendatang. Tim Korlantas Polri dan Satlantas Polres Sukoharjo sudah menyurvei beberapa lokasi untuk pemasangan kamera CCTV ETLE itu, Rabu (3/11/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh, Kamis (4/11/2021), sepuluh lokasi pemasangan kamera pemantau ETLE di Sukoharjo itu yakni:
1. Terminal Sukoharjo
2. Simpang 5 Sukoharjo
3. Simpang 4 Univet
4. Jalan raya Wonogiri-Solo/ Dolog
5. Simpang 4 Ciu
6. Bundaran Pandhawa Solobaru
7. Depan Pom Bensin Solobaru
8. Simpang 4 The Park
9. Pos 7 UMS
10. Kranggan

Ada pun jenis pelanggaran yang terekam kamera CCTV ETLE:
1. Melanggar rambu lalu lintas dan markah jalan
2. Tidak memakai helm yang berstandar SNI
3. Menggunakan gawai saat berkendara
4. Menggunakan pelat nomor palsu
5. Tidak mengenakan sabuk pengaman

Kamera akan menyala selama 24 jam dan merekam semua pelanggaran lalu lintas. Pelanggar lalu lintas akan direkam pelat nomornya kemudian petugas akan melacak pemilik kendaraan yang melanggar berikut alamatnya.

 

sumber : https://solopos.com/siap-siap-tilang-elektronik-diterapkan-tahun-depan-di-sukoharjo-1187782?utm_source=terkini_desktop

Share :