BERITA

RSC Mandan Sukoharjo Ditutup, OTG Covid-19 Isolasi di RS UNS Kartasura

3 Januari 2021

RSC Mandan Sukoharjo Ditutup, OTG Covid-19 Isolasi di RS UNS Kartasura

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sukoharjo resmi menutup operasional Rumah Sehat Corona (RSC) di Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo. Sebagai gantinya, rumah karantina bagi pasien positif Corona tanpa gejala dialihkan ke Merc RS UNS Kartasura.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan RSC Mandan dengan menempati Barak Dalmas milik Polres Sukoharjo resmi ditutup 1 Januari 2021 lalu.
Seluruh tenaga kesehatan yang semula ditugaskan di RSC Mandan dikembalikan ke Puskemas masing-masing. Secara total ada 40 nakes perawat dan delapan dokter puskemas yang diperbantukan untuk bertugas di RSC Mandan, Sukoharjo.

“Rumah Sehat Corona (RSC) yang menempati Barak Dalmas Polres di Kelurahan Mandan mulai dioperasikan pada 11 Mei 2020. Artinya, sudah tujuh bulan RSC beroperasi sebagai tempat isolasi kasus positif corona tanpa gejala. Namun kami resmi menghentikan operasional RSC per 1 Januari,” kata Yunia, Minggu (3/1/2021).
Yunia mengatakan Satgas Covid-19 telah menyiapkan tempat isolasi bagi pasien positif Corona tanpa gejala di RS UNS Kartasura. Jumlah bed yang disiapkan di sana jauh lebih banyak dibandingkan Rumah Sehat Corona (RSC).

Fasilitas

Dari semula 100 bed yang disiapkan, Satgas Covid-19 menambah 100 bed lagi sehingga total ada 200 bed yang siap melayani pasien positif Corona. Pelayanan Rumah Sehat Corona (RSC) di RS UNS Kartasura sama seperti di RSC Mandan Sukoharjo. Pasien akan menjalani isolasi dan ditangani tenaga kesehatan.

“Rumah Sehat Corona di RS UNS Kartasura dibiayai APBD Sukoharjo sehingga hanya untuk menampung warga Sukoharjo,” katanya.
Selain RS UNS Kartasura, tempat karantina bagi pasien positif Corona tanpa gejala juga disiapkan Pemprov Jateng di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Dengan pertimbangan inilah Satgas Sukoharjo menutup operasional RSC Mandan.

Selanjutnya, Barak Dalmas Polres yang selama ini dipinjam dikembalikan ke Polres Sukoharjo. RSC Mandan sendiri diketahui sudah kosong sejak 21 Desember 2020. Sebelum dikembalikan ke Polres, lokasi telah disterilisasi dengan pembersihan dan juga penyemprotan disinfektan.

 

sumber : https://www.solopos.com/rsc-mandan-sukoharjo-ditutup-otg-covid-19-isolasi-di-rs-uns-kartasura-1100294

 

Share :