BERITA

Pawai Pembangunan di Desa Gumpang Sambut HUT Kemerdekaan

19 Agustus 2019

Pawai Pembangunan di Desa Gumpang Sambut HUT Kemerdekaan

Pemerintah Desa Gumpang menggelar pawai pembangunan atau karnawal pada Minggu (18/8). Dalam pawai tersebut, terdapat 54 peserta yang menampilkan berbagai macam atraksi dan penampilan. Peserta pawai sendiri merupakan perwakilan dari Rukun Tetangga (RT). Setiap peserta diberi kebebasan dalam menampilkan karyanya. Pawai pembangunan itu sendiri baru kali pertama digelar oleh Desa Gumpang.

Pawai tersebut dimaksudkan untuk mempererat persatuan di masyarakat sekaligus meningkatkan rasa nasionalisme. Kepala Desa (Kades) Gumpang, Dwi “Mogol” Nuryanto mengatakan, perwakilan RT diberi kebebasan dalam menampilkan hasil karyanya dengan tema Persatuan Indonesia. “Warga dalam hal ini perwakilan RT bebas mau menampilkan apa dalam pawai, bisa kendaraan hias atau jalan kaki dengan kostum tertentu. Yang wajib itu harus ada atribut bendera merah putih,” ujar Mogol.

Menurutnya, kegiatan tersebut digelar oleh pemerintah desa dengan tujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-74. Mogol juga mengatakan, rencananya kegiatan pawai pembangunan tersebut akan digelar secara rutin tiap tahun. Dalam pawai tersebut, peserta terbaiik 1,2, dan 3 akan mendapatkan hadiah dari panitia. Materi penilaian sendiri meliputi kreativitas, kesesuaian tema yang diusung, kekompakan dan lainnya.

Sedangkan Camat Kartasura, Suyadi Widodo mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Desa Gumpang tersebut. Pasalnya, selama ini pawai pembangunan biasanya hanya digelar di tingkat kabupaten saja. Dia menilai Desa Gumpang menjadi pelopor untuk kegiatan serupa di desa yang lain. Menurutnya, pawai pembangunan tersebut bisa menjadi ajang untuk merekatkan kembali tali silaturahmi usai pemilu 2019.

“Pawai pembangunan Desa Gumpang sangat positif. Bisa dijadikan ajang merajut tali silaturahmi untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Gumpang,” ujarnya.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/meriahnya-pawai-pembangunan-di-desa-gumpang-sambut-hut-kemerdekaan/

Share :