BERITA

Tidak Masuk DPT Pilkada? Tenang Saja, Masih Bisa Nyoblos Dengan Bawa e-KTP

16 November 2020

Tidak Masuk DPT Pilkada? Tenang Saja, Masih Bisa Nyoblos Dengan Bawa e-KTP

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sukoharjo sudah ditetapkan dan diumumkan pada masyarakat. DPT Pilkada sendiri bersifat final dan tidak bisa dirubah lagi. Meski begitu, warga Sukoharjo yang sudah memenuhi syarat untuk memilih belum masuk DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya cukup dengan membawa e-KTP ke TPS sesuai alamat masing-masing.

“Jadi, warga Sukoharjo yang sudah memenuhi syarat dan belum masuk DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Cukup membawa e-KTP ke TPS sesuai alamat masing-masing,” jelas anggota KPU Sukoharjo, Cecep Choirul Sholeh, Sabtu (14/11/2020).

Cecep menyampaikan, hanya e-KTP yang bisa digunakan untuk untuk mencoblos ketika warga Sukoharjo belum masuk DPT. Warga tidak bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket). Untuk itu, bagi warga Sukoharjo yang masih memegang Suket dan belum masuk DPT bisa segera mencetak e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Cecep mengaku kemungkinan warga yang memenuhi syarat memilih dan belum masuk DPT tetap ada. Hal itu bisa terjadi untuk pemilih pemula hingga pensiunan TNI/Polri. Terkait syarat e-KTP tersebut, Cecep mengaku KPU sudah berkoordinasi dengan Dispendukcapil terkait perekaman maupun pencetakan e-KTP. Menurutnyam Dispendukcapil pun akan membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Intinya, warga Sukoharjo yang memenuhi syarat tidak perlu khawatir belum masuk DPT karena tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

Seperti diketahui, DPT Pilkada Sukoharjo ditetapkan sebanyak 660.487 pemilih. Dari jumlah tersebut, pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan pemilih laki-laki. Rinciannya, pemilih laki-laki 326.627 orang dan pemilih perempuan 333.860. DPT tersebut sudah diumumkan pada masyarakat dengan menempelnya di balaidesa atau kelurahan.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/tidak-masuk-dpt-pilkada-tenang-saja-masih-bisa-nyoblos-dengan-bawa-e-ktp/

Share :