Bupati Sukoharjo Terima Penghargaan Pembina Proklim

https://sukoharjonews.com/wp-content/uploads/2018/10/24-proklim.jpg

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Kali ini, Bupati menerima penghargaan Pembina Proklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penerimaan penghargaan dilaksanakan dalam rangkaian Hari Aksi Perubahan Iklim Tahun 2018 di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Eabu (24/10).

Dalam rilis yang disampaikan Bagian Humas Pemkab Sukoharjo, penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim Ruandha Agung Sugadirman disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan tersebut menambah panjang daftar penghargaan yang diraih oleh Bupati Sukoharjo.

“Penghargaan ini diberikan atas peran serta aktif dalam melaksanakan pendampingan dan pembinaan Proklim di Kabupaten Sukoharjo,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Djoko Sutarto.

Menurutnya, Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Selain itu, juga penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Djoko mengaku, sampai dengan tahun 2018 ini, di Kabupaten Sukoharjo telah terbentuk 22 lokasi Kampung Iklim dan terbanyak di Jawa Tengah. Didalam Kampung Iklim tersebut masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan. Antara lain pengendalian banjir, peningkatan ketahanan pangan, pengendalian penyakit, pengelolaan sampah, peningkatan tutupan vegetasi dan penggunaan energi baru terbarukan.

Disamping menerima penghargaan sebagai Pembina Proklim, Kabupaten Sukoharjo juga memperoleh penghargaan Proklim Utama Tingat Nasional untuk Kampung Iklim Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/pemerintahan/lagi-bupati-sukoharjo-raih-prestasi-kali-ini-penghargaan-pembina-proklim/

Share