Pendaftar CPNS Sukoharjo 5.821 Orang, Banyak Formasi Tanpa Pendaftar

https://sukoharjonews.com/wp-content/uploads/2018/10/06-cpns-inews.id_.jpg

Hingga hari penutupan pendaftaran Calon Aaparatur Sipil Negara atau CPNS 2018 ditutup secara resmi, jumlah pendaftar untuk seleksi CPNS Sukoharjo sebanyak 5.821 orang. Menariknya, dari 407 formasi yang tersedia sejumlah formasi diketahui tanpa pelamar. Beberapa formasi yang kosong tanpa pelamar antara lain tenaga dokter specialis. Bahkan, untuk kuota difabel sebanyak empat orang hanya ada satu pendaftar saja.

“Dari rekapitulasi yang dilakukan petugas “helpdesk” seleksi CPNS, total pendaftar untuk Sukoharjo ada 5.821 orang,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo Joko Triyono, Selasa (16/10).

Dikatakan Joko, saat ini tengah dilakukan proses verifikasi berkas oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena semua proses pendaftar terpusat di BKN. Untuk sementara, ujar Joko, dari total pendaftar tersebut yang sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi sebanyak 5.168 pendaftar. Sesuai tahapan yang ada, proses verifikasi sendiri akan berlangsung hingga 20 Oktober mendatang.

Nantinya, ujar Joko, BKN yang akan mengumumkan pendaftar yang memenuhi syarat maupun yang tidak memenuhi syarat atau TMS. Pengumuman sendiri akan dilakukan pada 21 Oktober mendatang. Disinggung soal banyaknya formasi tanpa pendaftar, Joko mengakuinya. Menurutnya, formasi yang kosong alias tanpa pendaftar sebagian besar untuk formasi dokter specialis.

“Dari formasi dokter specialis yang dibuka, hanya specialis mata dan THT yang ada pendaftarnya. Lainnya tanpa pendaftar. Seperti dokter specialis ortopedi, anestesi, paru, specialis urologi, ontologi, dan lainnya,” ujarnya.

Joko juga mengatakan, meski jumlah pendaftar dibawah jumlah formasi yang tersedia, tidak otomatis pendaftar tersebut diterima. Pasalnya ada syarat “passing grade” yang sudah ditetapkan BKN. Jika pendaftar tersebut tidak lolos “passing grade” yang ditetapkan, otomatis pendaftar tersebut tidak lolos sebagai CPNS.

Soal waktu pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB), Joko mengaku akan diumumkan oleh BKN meski sudah ada tahapannya. Yang jelas, pelaksanaan tes untuk Sukoharjo sendiri dilakukan di Sragen.

Perlu diketahui, Kabupaten Sukoharjo tahun ini membutuhkan 407 formasi CPNS. Dari jumlah 407 formasi tersebut, ada alokasi khusus untuk honorer K2, penyandang disabilitas, serta untuk kategori cumlaude. Untuk pendaftar disabilitas kuotanya 1% dari total formasi (4 Guru Kelas SD), kategori cumlaude 5% dari total formasi (17 formasi), dan kategori honorer K2 (9 formasi).

 

sumber : https://sukoharjonews.com/pemerintahan/pendaftar-cpns-sukoharjo-5-821-orang-banyak-formasi-tanpa-pendaftar/

Share