Pemkab Sukoharjo Segera Realisasikan Program Smart City

https://sukoharjonews.com/wp-content/uploads/2018/07/04-bintek.jpg

Pemkab Sukoharjo segera merealisasikan program Smart City. Saat ini, proses untuk penerapan program tersebut tengah disosialisasikan dan dilakukan bimbingan teknis (Bintek). Sosialisasi dan bimbingan teknis dilakukan di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol, Rabu (4/7). Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa.

Sosialisasi dan bimbingan teknis tersebut merupakan kerjasama Pemkab Sukoharjo dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Acara tersebut sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dengan Kemenkominfo tentang Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Sekda mengatakan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharap bisa mengikuti Bintek ini dengan baik. Sehingga, dari acara tersebut mendapat output yang berguna bagi perwujudan Smart City di Sukoharjo. “Pemerintah harus dinamis dan mengikuti perkembangan zaman, karena itu kita harus mendukung perwujudan Smart City di Sukoharjo,” ujarnya.

Dengan terwujudnya smart city ini, ujar Sekda, tentunya akan mempermudah kerja birokrasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Untuk mendukung Smart City di Sukoharjo, saat ini telah dibentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, Kemenkominfo juga membentuk tim pendamping untuk pengawalan Smart City di Sukoharjo. Terdiri dari satu konsultan, satu Pendamping dari Kemenkominfo dan dari satu mitra media. Bintek tersebut merupakan tahap pertama dari empat tahap yang akan dilaksanakan. Ttahap awal ini akan menyaring usulan dan analisa untuk pelaksanaan Smart City di Sukoharjo.

Sedangkan Rencana Induk Smart City Kabupaten Sukoharjo sudah tertuang dalam Perbup Sukoharjo Nomor 3 tahun 2018. Nantinya, dalam Smart City ini akan difokuskan dalam enam strategy Smart City, yaitu Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sukoharjo Suryanto mengatakan, rencana Aksi Smart City ini akan terdiri dari pengembangan kebijakan dan kelembagaan, rencana pembangunan infrastruktur, pembangunan aplikasi, dan penguatan literasi Smart City.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/pemerintahan/pemkab-sukoharjo-segera-realisasikan-program-smart-city/

Share