Pemkab Sukoharjo Berencana Tempatkan Mobil Pemadam di Kartasura

https://sukoharjonews.com/wp-content/uploads/2018/05/20-kebakaran.jpg

Penanganan kasus kebakaran di wilayah Sukoharjo utara bakal semakin cepat. Pasalnya, Pemkab Sukoharjo berencana menambah posko penanganan kebakaran dengan menempatkan mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Kartasura tahun ini. Saat ini, Pemkab tengah mencari lokasi yang akan digunakan untuk menempatkan mobil pemadam di wilayah Kartasura.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa mengatakan, terkait penempatan mobil pemadam kebakaran di wilayah utara sudah cukup lama direncanakan. Hal itu untuk mempercepat penanganan kasus kebakaran di wilayah Sukoharjo utara. Meski sudah ada komitmen dengan pemadam kebakaran di wilayah Solo Raya, Sukoharjo juga membutuhkan penempatan mobil pemadam di wilayah utara.

“Meski sudah ada komitmen dengan pemadam di Solo Raya, tetap saja Sukoharjo juga butuh penyebaran keberadaan mobil pemadam. Untuk tahap pertama untuk wilayah utara dulu dimana tingkat kepadatan penduduknya lebih tinggi,” jelas Agus, Rabu (20/6).

Rencananya, ujar Agus, Pemkab akan menempatkan mobil pemadam di Kecamatan Kartasura. Nantinya, mobil pemadam tersebut akan menangani wilayah Sukoharjo utara meliputi Kecamatan Baki, Gatak dan Kartasura. Ketiga wilayah tersebut rawan terjadi kebakaran karena banyak tempat usaha dan industri. Selain itu, tingkat kepadatan penduduk juga tinggi sehingga masuk wilayah rawan kebakaran.

Dengan adanya penambahan kantor cabang atau posko tambahan diharapkan penanganan kebakaran menjadi lebih cepat. Sebab, sudah ada mobil pemadam kebakaran yang ditempatkan di Kartasura untuk mempercepat pemadaman api.

“Penambahan posko sebagai kantor cabang atau tambahan penempatan mobil pemadam kebakaran untuk mempecepat penanganan kebakaran di Sukoharjo utara akan direalisasikan tahun ini,” ujar Agus.

Persiapan sudah dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan penyediaan tempat sebagai kantor cabang atau posko penempatan mobil pemadam. Pemkab Sukoharjo membutuhkan tempat strategis di pinggir jalan dan lahan luas untuk menempatkan mobil pemadam kebakaran.

Sedangkan Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo Margono mengatakan, selama ini banyak masukan dan usulan dari masyarakat terkait penyebaran penempatan mobil pemadam kebakaran dibeberapa wilayah. Dengan kata lain, penempatan mobil pemadam tidak dipusatkan pada satu tempat saja di tengah kota Sukoharjo. Satpol PP Sukoharjo sendiri sudah cukup lama mewacanakan penyebaran penempatan mobil pemadam kebakaran sebelum ada masukan dan usulan dari masyarakat.

“Hingga saat ini memang belum terlaksana karena ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan anggaran,” ujarnya

Menurutnya, tidak hanya Sukoharjo utara saja yang rawan kebakaran karena banyak permukiman, tempat usaha, industri, mall dan lainnya. Tapi, juga di Sukoharjo selatan sama karena rawan terjadi kebakaran hutan dan perkebunan. “Penempatan mobil pemadam kebakaran di tengah kota sudah cukup pas. Kalaupun akan dikembangkan kami menunggu kebijakan dari pimpinan,” ujar Margono.

 

sumber : https://sukoharjonews.com/pemerintahan/pemkab-sukoharjo-berencana-tempatkan-mobil-pemadam-di-kartasura/

Share