16 Dalang Cilik Perebutkan Tropi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

http://www.timlo.net/wp-content/uploads/2017/12/aksi-dalang-cilik-dalam-festival-dalang-bocah-2017-595x340.jpg

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo menggelar Festival Dalang Bocah di Pendopo Kantor dinas, Sabtu (23/12). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan ikut melestarikan wayang sebagai warisan budaya nenak moyang, serta muncul bibit dalang baru.

“Ini ide dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, untuk menumbuhkan kecintaan serta melestarikan pewayangan. Dengan melibatkan para dalang cilik ini, juga diharapkan akan ditemukan bakat dari usia sejak dini dan saya lihat potensi para peserta memang sangat bagus,” kata Kabid kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siti Laila, Sabtu (23/12).

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Sukoharjo ini diikuti sebanyak 16 dalang cilik yang berusia anatara 5 – 10 tahun. Meskipun kecil, namun bakat mereka sudah cukup kelihatan dan mampu memainkan wayang dan berdialog dengan baik, tidak kalah dengan dalang orang dewasa.

Salah satu peserta, Satria Ndaru Purwa Kusuma (7) memilih lakon Kumbakarna Gugur sebagai gambaran cerita untuk lebih mencintai tanah air dan bangsa. Dari pihak panitia memang membebaskan tema ataupun lakon yang akan dibawakan, dan diberikan kesempatan untuk latihan selama lebih dari satu pekan sebelum hari ini bertanding.

“Untuk kali ini kita bebaskan tema apa yang akan dibawakan oleh para peserta dan ada tiga dewan juri yang menilai mereka. Dan untuk juara pertama mendapatkan uang senilai Rp 2,5 Juta. Untuk juara dua mendapatkan Rp 2 juta, dan untuk juara tiga mendapatkan Rp 1.750.000,” tandasnya.

 

sumber : http://www.timlo.net/baca/68719747393/16-dalang-cilik-perebutkan-tropi-dinas-pendidikan-dan-kebudayaan/

Share