Polisi Waspadai Penimbunan Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

https://www.jawapos.com/radar/thumbs/l/radarsolo/news/2017/12/20/polisi-waspadai-penimbunan-bahan-pokok-jelang-natal-dan-tahun-baru_m_34817.jpeg

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Sukoharjo melakukan pengawasan ketat terhadap bahan pangan. Salah satu yang diwaspadai yakni adanya penimbunan bahan pokok oleh oknum tidak bertanggung jawab. Bersama instansi terkait, polres mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional, Rabu (20/12).

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Dinas Pertanian, dan Bulog Sukoharjo melakukan sidak pasar. Mereka mendatangi dua pasar yakni Pasar Ir. Soekarno dan Pasar Telukan. Tujuannya untuk melihat stok bahan pokok dan harga saat ini.

Kapolres menuturkan, sidak kali ini difokuskan pada tiga hal yakni telur, daging, dan gula. Hasilnya, belum ditemukan kelangkaan atau lonjakan harga yang tinggi di pasaran. ”Kenaikan harga ada tapi masih wajar, semua masih normal. Untuk stok juga masih melimpah,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Sukoharjo, Rabu (20/12).

Polres Sukoharjo tidak menampik adanya potensi penimbunan. Namun, mereka tetap waspada dengan meningkatkan pengawasan. Iwan Saktiadi mengatakan, indikator penimbunan mudah diketahui. Dia mencontohkan, misal ada lonjakan harga dan pemerintah menyatakan stok masih aman itu tentu ada permasalahan di jalur distribusi. ”Kapolri memerintahkan untuk menjaga kamtibnas, harus memastikan ketersediaan 11 bahan pokok,” tegas Kapolres.

Maka, untuk mengantisipasi penimbunan pihaknya terus berkoordinasi dengan stakeholder lainnya. Hal tersebut untuk memastikan jalur distribusi tidak dimainkan oleh kartel, spekulan dan tengkulak. Selain itu, untuk pencegahan dan antisipasi dini.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan, jika harga kebutuhan pokok terus dipantau. Selama ini pantauan rutin dilakukan di tiga pasar, yakni Pasar Tawangsari, Pasar Ir Soekarno, dan Pasar Bekonang.

sumber : https://www.jawapos.com/radarsolo/read/2017/12/20/34817/polisi-waspadai-penimbunan-bahan-pokok-jelang-natal-dan-tahun-baru

Share